Entri Populer

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Senin, 29 November 2010

Kesiswaan

A. Latar Belakang
Upaya peningkatan mutu kualitas Sumber Daya Manusia yang cerdas, terampil, berakhlak mulia dan mampu hidup bersaing  adalah tuntutan dari perkembangan zaman pada saat ini. Oleh karena itu upaya peningkatan SDM ini harus diprogramkan secara terstruktur, berkesinambungan dan di evaluasi secara berkala. Hal ini menjadi semakin penting karena perubahan-perubahan akibat perkembangan ilmu pegetahuan dan teknologi (Iptek) serta komunkasi menjadi semakin tidak kentara.
Salah satu bagian yang penting dalam upaya tersebut adalah sekolah sebagai fungsi pendidikan berkewajban untuk mengembangkan kemampuan serta membentuk watak dan kepribadian bangsa yang bermartabat dan berkarakter, khususnya generasi muda sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan nasional. Kompetensi penyelenggaraan pendidikan yang mengacu pada kompetensi siswa yang diarahkan pada kompetensi multiple intelegensi sangatlah diharapkan. Oleh karena itu Upaya pengembangan Potensi Diri Siswa sangatlah diperlukan dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
B. Tujuan
  1. Mengembangkan seluruh potensi siswa secara optimal dan terpadu yang meliputi  bakat, minat dan kreativitas
  2. Memantapkan kepribadian dan karakter siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah
  3. Sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan
  4. Mengaktualisasikan potensi siswa dalam pencapaian prestasi unggulan sesuai bakat dan minat
  5. Menyiapkan siswa agar menjadi  warga masyarakat yangh berakhlak mulia, demokratis, menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat madani  (civil society)
  6. Menemukan dan memunculkan potensi-potensi yang ada pada diri siswa sehingga timbul kecakapan hdup (life skiill) yang bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat.
  7. Memberikan kemampuan minimal untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi
  8. Menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatif yang datang dari luar maupun dari dalam lingkungan sekolah
  9. Meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitar.
  10. Meningkatan  apresiasi dan penghayatan seni.
  11. Menumbuhkan sikap berbangsa dan bernegara dengan berdasarkan Pancasila.
  12. meningkatkan kesegaran jasmani dan daya kreasi siswa untuk memantapkan keseimbangan antara pertumbuhan jasmani dan rohani
C. RUANG LINGKUP PEMBINAAN KESISWAAN
  1. Program Pembinaan Kesiswaan (OSIS)
  2. Program Pembinaan Ekstrakurikuler
  3. Program Unggulan Akademik dan Non Akademik.
D. SASARAN PEMBINAAN
Sasaran Pembinaan adalah (a) upaya penyelamatan dan (b) pemberdayaan  Potensi Diri Siswa kelas VII, VIII dan IX SMP Negeri 1 Baturetno pada tahun 2010/2011 dengan  jumlah sebanyak   742  orang
E. HASIL YANG DIHARAPKAN
1.         Mampu melahirkan SDM yang memiliki keimanan, ketaqwaan, berkualitas, kompetitif, berdedikasi, mandiri dan profesional.
2.         Mampu meningkatkan prestasi siswa sesuai bakat dan minat siswa
3.         Mampu meningkatkan pelayanan pendidikan kepada siswa melalui jalur pembinaan penyelamatan siswa dari bahaya perilaku menyimpang di kalangan siswa dan jalur pemberdayaan potensi diri
F. STRATEGI PEMBINAAN
  1. Melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri
  2. Difasilitasi dan dibimbing oleh :
a.       Guru Mata Pelajaran
b.      Guru Bimbingan Karir (BK)
c.       Pembina OSIS
d.      Pembina Ekstrakurikuler
e.       Pelatih
Berkoordinasi dengan guru BK untuk memberikan pelayanan Konseling

Tidak ada komentar:

Posting Komentar